Senin, 02 Oktober 2023

"Perusahaan Minyak Besar dan Industri Berat Diskusikan Pembatasan Emisi Menjelang COP28"

 

Pada tanggal 1 Oktober di Abu Dhabi, para pimpinan perusahaan minyak dan gas utama melakukan pembicaraan dengan para bos industri berat dalam upaya untuk mencapai komitmen yang kuat dalam mengurangi emisi karbon menjelang pertemuan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan depan.

Pertemuan tingkat tinggi COP28 dijadwalkan berlangsung di Dubai antara 30 November hingga 12 Desember.

Ini dianggap sebagai kesempatan penting bagi pemerintah untuk mempercepat tindakan dalam membatasi pemanasan global, mengingat laporan-laporan sejauh ini menunjukkan bahwa negara-negara belum memenuhi janji-janji mereka untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celsius.

"Apa yang telah kita lakukan hari ini adalah sesuatu yang cukup belum pernah terjadi dalam proses COP, yaitu mengumpulkan baik sisi permintaan maupun sisi pasokan emisi," kata Adnan Amin, CEO COP28, kepada Reuters.

Amin mengatakan tujuannya adalah untuk membuat komitmen dekarbonisasi oleh pemain industri besar yang akan membantu membatasi pemanasan global.

"Kami berharap mencapai kesepakatan ini sebelum COP28 dan kemudian menyelaraskan bagaimana ini akan diposisikan dengan baik di COP."

SEBAGIAN DARI PERBICARAAN

Pertemuan ini mengumpulkan CEO dari lebih dari 50 perusahaan sektor minyak dan gas - sisi pasokan - serta industri aluminium, baja, dan semen - sisi permintaan energi.

Pertemuan ini, yang diselenggarakan oleh Presiden COP28 Sultan al-Jaber, dihadiri oleh Utusan Iklim Amerika Serikat John Kerry dan membahas isu-isu seperti komersialisasi hidrogen, peningkatan teknologi penangkapan karbon, eliminasi metana, dan peningkatan energi terbarukan, demikian pernyataan COP28.

Presiden konferensi Uni Emirat Arab, Jaber, telah mengatakan bahwa industri minyak dan gas perlu menjadi bagian dari pembicaraan tentang perubahan iklim. Dia telah mendorong industri energi untuk mencapai emisi bersih nol pada tahun 2050 atau sebelumnya dan untuk mempercepat komitmen industri secara keseluruhan untuk mencapai emisi metana mendekati nol pada tahun 2030.

Inklusi perwakilan minyak dan gas ini sangat berbeda dari pertemuan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2021 di Skotlandia, di mana perusahaan energi mengeluh bahwa mereka tidak diikutsertakan dalam acara tersebut.

Menjelang COP28, negara-negara tetap terbagi antara yang menuntut kesepakatan untuk menghentikan bahan bakar fosil yang menyebabkan pemanasan planet dan negara-negara yang bersikeras untuk mempertahankan peran batu bara, minyak, dan gas alam.

"Jika industri minyak dan gas menandatangani perjanjian dekarbonisasi dan pengurangan metana, itu akan menjadi kontribusi besar dalam perdebatan ini," kata Amin.

"Ini akan menjadi COP pertama yang dapat kita ukur jumlah karbon yang kita hilangkan dari meja."

Jaber, yang juga merupakan kepala perusahaan minyak negara Uni Emirat Arab, ADNOC, adalah pilihan kontroversial untuk memimpin pertemuan iklim ini karena negaranya adalah anggota OPEC dan pengekspor minyak utama.

Sumber: reuters.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar