Kamis, 28 Desember 2017

Satu Tewas dan 56 Luka akibat Dua Guncangan Gempa di Iran


PT BESTPROFIT - Kantor berita Iran, IRNA, melaporkan satu orang tewas dan setidaknya 56 orang mengalami luka-luka, setelah dua gempa melanda mengguncang dua wilayah di negara itu.

Dilansir dari VOA, Rabu (27/12/2017), kematian tersebut disebabkan oleh serangan jantung yang menyerang korban akibat gempa berkekuatan 4,2 Skala Ritcher melanda kota Alborz, sekitar 50 km sebelah barat Teheran. BESTPROFIT


Selain itu, gempa berkuatan 5,1 SR juga menghantam desa Hojedk di  Provinsi Kerman, sekitar 700 km selatan Teheran pada hari yang sama. Namun, tidak ada korban jiwa atau kerusakan yang dilaporkan. BEST PROFIT

The Independent melaporkan, guncangan gempa terasa hingga Teheran pada Rabu pagi waktu setempat. Banyak warga yang menghabiskan malamnya di dalam mobil, pusat oleahraga, dan bangunan lainnya berubah menjadi posko.

Beberapa sekolah di sebelah barat Teheran dan kota Karaj ditutup dan ujian dibatalkan.

Gempa tersebut mengguncang Iran enam pekan setelah gempa berkekuatan 7,2 SR menewaskan lebih dari 620 orang.

Iran rentan terhadap gempa bumi karena berada pada garis sesar utama.

Sebelumnya, gempa 5,2 SR mengguncang Provinsi Kerman pada 21 Desember 2017, melukai setidaknya 23 orang. Sehari sebelumnya, dua orang tewas akibat gempa yang serupa di dekat Teheran.

Provinsi Kerman juga dilanda gempa pada 12 Desember 2017. Gempa  berkekuatan 6.2 SR melukai setidaknya 18 orang dan merusak sekitar 20 rumah.

Pada 2003, sekitar 31.000 orang tewas saat gempa berskala 6,6 SR melanda provinsi tersebut dan meratakan kota bersejarah Bam.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar