Jumat, 02 Maret 2018

Catatan Kinerja Ekonomi di Era Jokowi


PT BESTPROFITPada Februari ini, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah bekerja selama tiga tahun empat bulan, menyisakan satu tahun delapan bulan pada putaran pertama kepemimpinannya sebelum bertarung dalam pemilihan presiden (pilpres) tahun depan. 

Berbagai program dan gebrakan telah dilancarkan untuk menggenjot perekonomian mulai dari megaproyek listrik, program infrastruktur, hingga peta jalan digital.  BESTPROFIT


Di tengah gegap-gempita program-program ekonomi tersebut, dan juga kestabilan politik dalam negeri yang berhasil diciptakan mesin politik Jokowi yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), banyak kemajuan yang berhasil dicapai. Namun tentu saja, ada tantangan dan persoalan penting yang harus dicatat Jokowi-JK terkait dengan perekonomian jika ingin mempertahankan dukungan publik dalam pertarungan politik tahun depan. BEST PROFIT


CNBC Indonesia menyajikan laporan yang mengulas kinerja Jokowi-JK dalam angka, termasuk juga catatan penting yang semestinya diperhatikan bila rezim ini ingin menunjukkan kepada publik bahwa pembangunan ekonomi berjalan sebagaimana amanat konstitusi.

Kami tidak berupaya membandingkan kinerja Jokowi-JK dengan pemerintahan sebelumnya (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono), karena perbandingan tersebut di samping cenderung politis, juga menafikan situasi dan kondisi perekonomian yang seringkali berbeda di antara keduanya. Karenanya, kami memilih membandingkan prestasi pemerintahan sekarang dengan “dirinya sendiri”, yakni dari target awal yang dipatok atau minimal dari janji yang ditebar ketika berkampanye. 

Selebihnya, kami memberikan sedikit perspektif mengenai langkah dan strategi yang bisa dipertimbangkan untuk diambil—atau minimal diuji pemerintahan Jokowi-JK, sebagai bentuk ikhtiar kami sebagai platform media digital ekonomi dan bisnis untuk berpartisipasi dalam hal ide terkait pembangunan ekonomi di negeri tercinta ini.

Untuk membaca laporan riset khusus tentang kinerja perekonomian tiga tahun Jokowi-JK, anda bisa mengunduhnya di sini.

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar