Senin, 12 Maret 2018

WHO Peringatkan Ancaman Epidemi Penyakit Misterius

Foto: thinkstock
PT BESTPROFIT - Tiap tahun, organisasi kesehatan dunia WHO mengeluarkan daftar penyakit yang mungkin akan mewabah. Tahun ini, daftar tersebut mencantumkan satu penyakit misterius yang dinamakan Disease X.

Diperkirakan, penyakit yang belum diketahui pasti penyebabnya ini bisa memicu pandemik di seluruh dunia dan membunuh jutaan nyawa. BESTPROFIT


Ilmuwan Norwegia yang juga penasihat WHO, Jorn-Arne Rottingen mengatakan bahwa sangat mungkin wabah berikutnya adalah "sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya." BEST PROFIT

Bahkan disebutkan, Disease X bisa saja buatan manusia dan bukan dari alam. Kekhawatiran akan penggunaan dan pengembangan senjata kimia maupun biologi mencuat.

Dalam perang saudara di Suriah, bom kimia telah banyak digunakan. Demikian juga serangan terhadap mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan anak perempuannya Yulia, juga menggunakan nerve agent.

Virus maupun penyakit buatan manusia, menurut Rottingen secara khusus lebih berbahaya karena manusia tidak mengembangkan kekebalan terhadapnya. Akibatnya, bisa menyebar ke seluruh dunia sebelum dokter dan pemerintah bisa mengimbanginya.

"Biologi sintetis memungkinkan penciptaan virus baru yang mematikan. Ini juga kasus di mana Anda punya penyakit baru dan tidak ada kekebalan dalam populasi dan itu berarti bisa menyebar dengan cepat," katanya, dikutip dari Telegraph.

Namun, bukan tidak mungkin Disease X muncul dari alam seperti halnya epidemi mematikan sebelumnya. Spanish Flu dan HIV (Human Imunodeficiency Virus) misalnya.

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar