Selasa, 13 Maret 2018

Kisah Pulau Angker di Samudera Hindia yang Kamu Belum Tahu


PT BESTPROFIT - Banyak pulau cantik yang ditinggal penghuni yang tersebar di lautan. Salah satunya pulau berhantu di Samudera Hindia yang menyimpan rahasia besar!

Dilansir detikTravel dari BBC Travel, Senin (12/3/2018) salah satu pulau berhantu yang mesti traveler tahu adalah Pulau Ross. Pulau ini berada di Teluk Benggala, Kepulauan Andaman, India. Pulau ini sekarang kosong dan telah ditinggalkan. BESTPROFIT


Pulau Ross dulunya digunakan di masa penjajahan Inggris di abad 19. Dulunya ada gereja besar, bungalow megah, ballrom yang sekarang telah dikubur oleh pepohonan dan akar-akar tanaman hutan. Pulau ini digunakan Inggris untuk mengatasi para pemberontak India. BEST PROFIT

Di tahun 1857, ketika Inggris dan 200 narapidana India menginjakan kaki di pulau, kawasan ini hanyalah hutan rimba yang sangat lebat dan sangat sukar untuk ditembus. Para tentara Inggris pun menyuruh para narapidana membabat hutan, sedangkan mereka menunggu di atas kapal. Kekejaman ini diperparah dengan kondisi Pulau Ross yang kekurangan sumber air bersih.

Sejalannya waktu, pulau ini pun semakin dipadati narapidana. Karena keterbatasan tempat, para napi pun dipindahkan ke penjara di pulau-pulau tetangga. Pulau Ross pun kemudian menjadi pusat administrasi sekaligus pemukiman eksklusif bagi perwira-perwira berpangkat tinggi.

Tidak hanya pemukiman mewah, pulau ini juga dibangun penuh perabotan mewah, lapangan tenis, gereja, pabrik pemurnian air, barak militer, juga rumah sakit. Untuk penerangan, dibangunlah sebuah pembangkit tenaga listrik diesel.

Pada tahun 1942, ketika masa penjajahan Inggris digoyahkan Jepang, terpaksalah para narapidana dan tahanan politik yang ditawan di Kepulauan Andana dibebaskan. Tidak lama setelah India memperoleh kemerdekaan pada tahun 1947, pulau ini kembali diserahkan Inggris ke India dan sepenuhnya dimbil alih Angkatan Laut India pada tahun 1979.

Di pulau ini juga terdapat rusa liar yang hidup bebas. Rusa-rusa ini dulunya di tahun 1900-an dibawa untuk sasaran berburu para perwira. Juga ada kelinci liar dan burung merak yang jadi penghuni pulau.

Sekarang di pulau ini hanya tersisa puing-puing bangunan, lantai-lantai keramik, gereja dan tiang-tiang yang berlumut dan berlubang ditembus oleh akar. Namun di balik kesuramannya, pulau ini memiliki keindahan yang tiada tara. Pulau Ross memiliki hutan hijau nan lebat, yang dikelilingi pantai cantik dengan laut yang kaya terumbu karang.

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar