Selasa, 05 Februari 2019

Skutik Menjamur, Yamaha Masih Kasih Porsi Buat Motor Bebek


Saat dibuat, RUU Permusikan dimaksudkan untuk mengatur dua hal yang dianggap belum ada di undang-undang yang belum disahkan, yakni tata kelola dan pendidikan musik. Sayangnya, ada pasal-pasal yang dianggap akan berbahaya bagi dunia musik bila RUU itu disahkan.  BEST PROFIT


Menurut Wendi Putranto mewakili sejumlah pelaku yang menolak dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Disaat motor skuter matik kian naik daun, Yamaha Indonesia malah keluarkan motor bebek atau moped yakni MX-King 150. Pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun berikan alasannya. BESTPROFIT

Dikatakan Vice President Director-nya, Dyonisius Beti, pecinta atau loyalis motor bebek di Indonesia masih cukup besar. Namun para produsen otomotif roda dua nampak enggan untuk memberi sajian sedap kepada mereka. PT BESTPROFIT

"Bagaimana pun juga, pasar moped (motor bebek) ini banyak loyalis. Namun beberapa tahun ini hampir semua merek tidak memperhatikannya. Dalam artian, tidak meluncurkan model-model baru. Nah kita perlu untuk menaungi ini (pecinta motor bebek) lagi," ujar Beti di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Tetapi memang bila melihat kontribusi penjualan sepeda motor di Indonesia, motor bebek hanya memiliki angka sekitar 15 persen. Sangat jauh dibanding skutik. 

Alasannya karena skutik lebih cocok digunakan di perkotaan karena kenyamanan yang diberikan dan juga kepraktisannya. Apalagi sekarang cukup banyak pabrikan yang memperkenalkan skutik berbagasi besar.

"Moped itu kontribusinya memang makin mengecil. Pada tahun kemarin yaitu 2018, total kontribusinya sekitar 15 persenan. Tapi bukan berarti kita abaikan," ujar Beti.

"Kalau untuk matik sendiri, kita sudah cukup banyak model dari Xmax ke bawah. Seperti yang terbaru Yamaha FreeGo, kita masih ada Mio, atau Lexi," tutupnya.

Di Indonesia, sebagian besar jalan masih didominasi oleh jenis skuter matik. Sekitar 80 persen motor baru yang dijual di Indonesia adalah berjenis matik. Skutik dianggap lebih praktis daripada motor bebek.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar