Kamis, 22 Februari 2018

Dilantik Jadi Ketua The Fed, Jerome Powell Soroti Kesehatan Ekonomi AS

PT BESTPROFIT - Jerome H Powell secara resmi dilantik sebagai gubernur bank sentral AS Federal Reserve pada Senin (5/2/2018) atau Selasa (6/2/2018). Di hari pertamanya menjabat, Powell sudah dihadapkan pada sejumlah tantangan, termasuk anjloknya pasar saham AS.

Dalam pidatonya setelah dilantik sebagai Ketua The Fed, Powell menyoroti tentang kesehatan perekonomian. BESTPROFIT


"Saat ini, tingkat pengangguran rendah, ekonomi bertumbuh, dan inflasi rendah," kata Powell, seperti dikutip dari The New York Times. BEST PROFIT

Powell menyatakan, The Fed akan mendukung berlanjutnya pertumbuhan ekonomi, pasar tenaga kerja yang sehat, dan stabilitas harga. Ini dilakukan tentu saja melalui kebijakan moneter.

Bukan pertama kalinya bursa saham AS merosot ketika gubernur The Fed diambil sumpahnya. Pasar saham AS anjlok 35 persen pada tiga bulan setelah Alan Greenspan menjadi Ketua The Fed pada Agustus 1987, termasuk peristiwa Black Monday pada pertengahan Oktober di tahun yang sama.

Greenspan merespons dengan memangkas suku bunga acuan. Selain itu, Greenspan juga menyatakan The Fed siap dan akan mendukung stabilitas ekonomi dan keuangan.

Kala itu intervensi bank sentral dipuji. Namun, ini malah berkontribusi pada ekspektasi di pasar keuangan bahwa Greenspan tidak akan membiarkan harga saham anjlok.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar