Selasa, 22 Januari 2019

Ilmuwan Pecahkan Misteri Berapa Lama Satu Hari di Saturnus


BEST PROFIT - Saturnus merupakan salah satu planet yang masih menyimpan banyak misteri. Tapi, kali ini ilmuwan berhasil memecahkan salah satunya, yakni berapa lama satu hari di planet gas tersebut.

Menurut hasil riset yang diterbitkan NASA, satu hari di Saturnus memiliki durasi 10 jam, 33 menit dan 38 detik. Hasil ini didapatkan setelah ilmuwan menggunakan data yang dikumpulkan oleh wahana antariksa Cassini yang pensiun pada bulan September 2017.  PT BESTPROFIT FUTURES


Dalam penelitian ini, ilmuwan tidak melihat planet Saturnus secara langsung, melainkan melihat pergerakan cincinnya. Ide ini pertama kali digagas pada tahun 1982, tapi baru berhasil diuji coba lewat misi yang dijalankan Cassini. PT BESTPROFIT

"Peneliti menggunakan gelombang di cincin untuk mengintip ke dalam interior Saturnus dan muncul lah karakteristik mendasar planet ini yang telah lama dicari," kata Cassini Project Scientist, Linda Spilker seperti dikutip detikINET dari Space, Selasa (22/1/2019).

"Dan itu merupakan hasil yang solid. Cincin itu ternyata memegang jawabannya," sambungnya.

Durasi satu hari di Saturnus sulit ditentukan karena bentuknya yang merupakan planet gas. Sehingga peneliti tidak bisa hanya menunggu planet tersebut berotasi dan memonitor suatu landmark, seperti yang mereka lakukan dengan planet berbatu.

Selain itu, kemiringan medan magnetik Saturnus juga tidak bisa digunakan untuk menghitung durasi satu harinya. Hal ini dikarenakan medan tersebut dalam posisi hampir sejajar dengan sumbu rotasinya, sehingga menghalangi perhitungan mereka.

Hal ini menjadikan perhitungan kasar dari ilmuwan yang cukup jauh dari hasil temuan baru ini, yaitu antara 10 jam, 36 menit dan 10 jam, 48 menit.

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar