Selasa, 11 September 2018

Indeks Shanghai Dibuka Melemah, Hang Seng ke Zona Hijau


PT BESTPROFITIndeks Shanghai dibuka melemah 0,19% ke level 2.659,74, sementara indeks Hang Seng naik 0,15% ke level 26.462,82. 

Sentimen yang kurang mendukung membuat kedua bursa saham tak bisa berbuat banyak. Hubungan antara AS dan China di bidang perdagangan yang kian panas membuat bursa saham menjadi kurang menarik. BESTPROFIT

China telah resmi melapor kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengenai kebijakan AS yang dianggap merugikan, yaitu bea masuk anti-dumping terhadap berbagai produk Negeri Tirai Bambu. 


China mengeluh karena kebijakan ini merugikan mereka hingga US$ 7,04 miliar per tahun. Oleh karena itu, China meminta restu kepada WTO untuk menerapkan kebijakan serupa dengan nilai yang sama bagi produk-produk impor asal AS. 

Hal ini lantas menambah panas hubungan antar kedua negara yang sudah dilanda ketidakpastian mengenai penerapan bea masuk baru bagi impor produk China senilai US$ 200 miliar oleh AS. 

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa kebijakan ini bisa mulai diberlakukan dalam waktu yang sangat dekat. Apalagi, Trump juga sudah mengungkapkan bahwa AS bisa mengenakan bea masuk baru bagi produk impor China lainnya senilai US$ 267 miliar.

"Saya benci mengatakan ini, tapi dibalik itu (bea masuk yang menyasar produk impor China senilai US$ 200 miliar), ada US$ 267 miliar lainnya yang bisa diterapkan dalam pemberitahuan yang singkat jika saya mau", papar Trump, dikutip dari CNBC International.

Pada hari ini, data pertumbuhan Penanaman Modal Asing (PMA) di China per akhir Agustus 2018 akan diumumkan. Sementara di Hong Kong, tidak ada rilis data ekonomi yang dijadwalkan pada hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar