Rabu, 01 Agustus 2018

Stop Tekan Tombol Snooze Tiap Pagi! 5 Cara Cegah Keterusan Tidur


PT BESTPROFITHoam... lima menit lagi aku bangun deh. Tapi tanpa sadar kamu sudah menekan tombol snooze sebanyak tiga kali di pagi hari ini.

"Meski kamu pikir kamu bakal menambah beberapa menit waktu tidur dengan menekan tombol snooze, siklus tidurmu sudah terganggu dengan alarm yang kamu matikan," ungkap pakar tidur Dr Tepfilo L Lee-Chiong seperti dilansir BustleBESTPROFIT 

Daripada menekan tombol snooze, ia lebih menyarankan untuk tidur lebih awal agar dapat tidur yang lebih banyak. Duh gimana caranya biar enggak terbiasa snoozing? Yuk terapkan lima trik berikut. BEST PROFIT
"Letakkan jam alarm di pojok ruangan, kemudian bangun dan jalan ke sana untuk mematikannya," kata spesialis tidur bersertifikat Michael Breus, PhD untuk cara pertama yang ampuh.

Bakalan sulit dan malas banget kan bangun bolak balik untuk menekan tombol snooze berulang kali? Mending langsung bangun dan pergi mandi deh biar segar.

Kebanyakan orang merasa bete karena harus bangun kemudian berangkat kerja. Nah, kamu bisa merencakan hal-hal yang dapat kamu kerjakan sebelum itu supaya kamu lebih bersemangat.

"Semua orang mengalami tidur inersia (perasaan yang membuat seseorang ingin tidur sebentar di pagi hari) dalam tingkat tertentu. Menyesuaikan waktu bangunmu di pagi hari dapat membantu memastikan bahwa pada saat kamu mulai bekerja, kamu sadar dan siap menjalani hari," kata Lee-Chiong.

"Cara terbaik untuk menahan tombol snooze adalah dengan membentuk rutinitas tidur rutin," masih menurut Lee-Chiong.

"Untuk memastikan kamu benar-benar bersiap untuk tidur, mulailah dengan memberi cukup waktu untuk bersantai sebelum tidur. Ini berarti menghindari kafein dan makanan berat lainnya seperti makanan bergula atau pedas setidaknya empat jam sebelum tidur."

"Matahari terbit adalah sinyal jam biologis kita untuk bangun, jadi jagalah kamar untuk tetap gelap di malam hari dan biarkan cahaya alami masuk (di pagi hari)," kata productivity strategist, Peggy Sealfon.

Dibandingkan bergantung dengan alarm, mengapa tidak mencoba menggunakan tirai yang sedikit tipis pada jendela kamar. Begitu sinar matahari mulai terik, maka kamu bisa merasakannya dan sinyal tubuh untuk bangun bisa lebih maksimal.

"Lakukan rutinitas tidur di mana kamu terbangun pada waktu yang sama setiap hari," saran Sealfon.

"Tubuh akan mendapatkan lebih banyak istirahat berkualitas serta pikiranmu akan lebih terkondisi untuk waktu tidur. Pada akhirnya, kamu akan menemukan tombol snooze menjadi berlebihan dan, bila kamu menggunakan alarm, kamu mungkin akan terbangun sebelum itu terdengar."

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar